BISA EKSPOR
BERSAMA
ANTARA LOGISTIC

Tim berkompeten dan kita urus
sampai semua beres di negara tujuan!

Mengapa Harus ekspor
dengan antara logistic?

Customer Service
yang tanggap

Konsultasi Gratis

Aman dan Cepat

Berpengalaman

Bisa Ekspor Bersama Antara Logistic

Layanan Jasa Ekspor Antaralogistic, Seluk-beluk Kegiatan dan Manfaatnya

Ketika membahas kegiatan-kegiatan penggerak roda perekonomian, ekspor menjadi salah satu istilah yang akan muncul mengingat perannya yang penting. Seperti impor, ekspor berkontribusi besar dalam menambah pemasukan negara, entah yang skalanya kecil maupun besar. Perkembangan perdagangan internasional yang semakin pesat pun turut mendorong munculnya jasa ekspor yang membantu pengiriman barang. Cukup mudah menemukan perusahaan yang menawarkan layanan tersebut, termasuk di antaranya Antara Logistic. Perusahaan freight forwarding berbasis online ini telah berpengalaman dalam ekspor-impor dari dan ke berbagai negara. Hadirnya Antara Logistic tentu membantu pegiat bisnis maupun pihak-pihak yang membutuhkan penyedia ekspor barang. Namun, sebelum membahas lebih jauh seputar jasa export tersebut, Anda perlu mengetahui pengertian ekspor, manfaat, hingga komoditas yang menjanjikan di Indonesia.

Pengertian Ekspor dan perkembangannya di Indonesia

Secara garis besar, ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean (instansi yang mengawasi, memungut, dan mengurus ekspor-impor). Daerah pabean di Indonesia sendiri terdiri atas wilayah darat, udara, dan perairan yang mencakup keseluruhan daerah yang berada dalam Zona Ekonomi Eksklusif. Dengan kata lain, ekspor menangani pengeluaran barang dari dalam negeri ke luar negeri mengikuti prosedur dan standar aturan yang berlaku. Ekspor umumnya dilakukan negara yang mampu menghasilkan barang dalam jumlah besar dan sudah sanggup memenuhi kebutuhan dalam negeri. Melalui jasa ekspor, negara lantas mengirimkan komoditas ekspor ke negara-negara yang kekurangan barang tersebut atau memang bukan negara penghasil.

Indonesia menjadi salah satu eksportir terbesar di dunia berkat sumber dayanya yang melimpah. Kegiatan ekspor yang dilakukan pun selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, nilai ekspor Indonesia pada Agustus 2021 saja sudah mencapai USD21,42 miliar. Angka ini merupakan rekor tertinggi yang pernah tercatat dalam sejarah ekspor Indonesia.

Dengan nilai ekspor tersebut, perdagangan Indonesia mengalami surplus sebesar USD4,74 miliar pada Agustus 2021 dan juga menjadi yang tertinggi dalam kurun waktu 16 bulan terakhir. Menurut Mendag, capaian nilai ekspor tersebut ditopang peningkatan produk manufaktur serta komoditas utama. Bantuan dari jasa export serta kenaikan harga komoditas dan impor negara mitra dagang pun turut mempengaruhi peningkatan tersebut.

Mendag menambahkan penguatan ekspor pada komoditas sejalan dengan pertumbuhan tren harga pada Agustus 2021. Misalnya, CPO yang baik 55,8% secara tahunan dan timah yang naik 72,7%. Lantas pada sisi permintaan, ada peningkatan impor dari negara mitra. Sebut saja impor Tiongkok yang tumbuh 33,%, impor India hingga 51,5% serta impor Vietnam sebesar 21% secara tahunan.

Manfaat Ekspor untuk Perekonomian Negara

Peningkatan ekspor yang signifikan tentu jadi kabar baik bagi produsen barang hingga penyedia jasa ekspor. Adapun manfaat-manfaat yang diperoleh dari kegiatan tersebut, terutama untuk perekonomian negara, antara lain:

  • Meningkatkan devisa negara

Devisa merupakan sekumpulan valuta asing (valas) yang dipakai negara sebagai medium untuk pembiayaan perdagangan internasional. Artinya, saat sebuah negara melakukan ekspor, cadangan devisa pun bakal ikut meningkat berkat masuknya pasokan dalam bentuk valuta asing. Oleh karena itu, bertambahnya kegiatan ekspor bakal membuat jumlah devisa negara meningkat, sama seperti kegiatan impor. Perekonomian negara pun lebih stabil dan pemerintah dapat lebih optimal dalam mensejahterakan masyarakat.

  • Memperbaiki perekonomian negara

Seperti yang disinggung beberapa kali, ekspor memberikan dampak terhadap perekonomian negara. Mengoptimalkan kegiatan tersebut dengan mengirimkan komoditas utama dengan jasa export terpercaya secara tak langsung akan memperbaiki kondisi ekonomi yang sempat memburuk. Selain itu, aturan pajak yang diberlakukan setiap negara turut mempengaruhi roda perekonomian. Pasalnya, semakin banyak pelaku ekspor beroperasi di suatu negara, semakin banyak pajak yang akan diterima. Pemasukan ini yang akan dimanfaatkan pemerintah untuk membenahi perekonomian.

  • Mempromosikan produk lokal ke luar negeri

Jika dalam impor Anda melakukan pembelian barang dari luar negeri, maka saat ekspor Anda akan mengirimkannya ke negara-negara yang memerlukan. Kegiatan ini pun bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan barang lokal ke kancah internasional.

Sudah ada banyak produk buatan anak bangsa yang berhasil mencuri perhatian konsumen luar negeri. Sejumlah jasa ekspor bahkan membuka kemitraan dengan pelaku UKM dan UMKM untuk membantu mereka memperkenalkan barang-barang produksi mereka.

  • Menekan risiko inflasi mata uang

Ketika inflasi terjadi, harga-harga barang maupun jasa akan mengalami kenaikan signifikan. Kalau dibiarkan, konsumen pun bakal kehilangan minat untuk membeli yang berdampak pada penurunan permintaan. Akibatnya, kegiatan ekonomi terhambat dan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. Walau inflasi umum terjadi, kondisi tersebut harus ditekan sebelum menimbulkan dampak parah. Kegiatan ekspor adalah salah satu solusi yang dapat dilakukan karena dinilai dapat menggenjot lagi permintaan dan menurunkan harga yang sempat meningkat.

  • Mengeratkan kerja sama bilateral antar negara

Manfaat terlahir dari kegiatan ekspor dan pemakaian jasa export adalah mengeratkan kerja sama bilateral antar negara. Dengan mengirimkan barang ke negara lain dan mematuhi aturan yang mereka berlakukan, Anda secara tak langsung menjalin hubungan bisnis dengan mereka. Kerja sama bilateral yang terjadi di antara dua negara pun bakal bermanfaat saat kedua belah pihak membutuhkan bantuan seperti obat-obatan. Dengan begitu, negara-negara tersebut dapat bangkit bersama dan kembali menggerakkan perekonomian.

Komoditas ekspor yang menjadi produk utama dari Indonesia

Semakin tertarik untuk memulai ekspor setelah menyimak manfaat-manfaatnya? Untuk memudahkan prosesnya, Anda perlu mengetahui komoditas ekspor yang diprioritaskan. Seperti yang disinggung, ada sejumlah produk utama yang secara rutin dikirimkan pegiat usaha ke negara-negara tujuan seperti Malaysia, Jepang, Tiongkok, India, hingga Amerika Serikat. Sebagian besar di antaranya merupakan produk non-migas, sementara produk migas hanya sekitar 10% dari total barang yang diekspor.

Berdasarkan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) yang berada di bawah Kementerian Perdagangan, ada sepuluh komoditas utama yang secara berkala diantarkan jasa ekspor, antara lain:

  1. Kopi. Selain menjadi produk konsumsi favorit masyarakat Indonesia, kopi pun termasuk ke dalam komoditas utama yang diekspor. Indonesia, yang juga salah satu penghasil kopi terbaik di dunia, menjadi andalan sejumlah negara seperti Tiongkok, Malaysia, Vietnam, Inggris, Spanyol, Italia, hingga Amerika Serikat buat memasok kopi;
  2. Udang. Sebagai negara maritim, Indonesia tentunya mampu memasok hasil laut terbaik. Memakai jasa export, Anda bisa mengirimkan komoditas ini ke negara-negara yang memerlukan. Udang adalah hasil laut yang pada 2020 menyentuh nilai USD3,51 miliar. Bahkan ekspor udang tak terganggu, bahkan mengalami surplus, selama masa pandemi berlangsung;
  3. Minyak kelapa sawit. Menyusul Malaysia, Indonesia menjadi produsen terbesar minyak kelapa sawit dunia. Bahkan minyak nabati tersebut menempati peringkat paling atas pada komoditas ekspor non-migas pada 2020 dengan total ekspor hingga USD20,72 miliar. Adapun negara-negara yang rutin mengimpornya adalah Vietnam, Tiongkok, Afrika Selatan, Jerman, hingga Turki;
  4. Tekstil. Tekstil dan produk tekstil (TPT) adalah komoditas berikutnya yang sering diantarkan penyedia jasa ekspor. Industri tekstil yang sedang mengalami pertumbuhan pesat sudah mampu mengirimkan bahan baku yang digunakan dalam industri mode dunia. Inggris, Belanda, Italia, Korea Selatan, hingga Panama adalah beberapa negara yang memakai produk tekstil Indonesia;
  5. Karet dan produk olahannya. Dari sektor perkebunan, karet dan produk olahannya menjadi penyumbang devisa terbesar kedua setelah minyak kelapa sawit. Wajar saja mengingat lahan perkebunan karet di Indonesia sangat luas. Beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Australia, Filipina, Arab Saudi, hingga Italia pun sudah tak meragukan kualitasnya;
  6. Kakao. Kakao dari Indonesia ternyata sangat digemari dan dipesan industri cokelat Eropa. Bahan baku pembuatan cokelat ini memang tumbuh subur di Indonesia, seperti halnya kopi. Jasa export yang menangani pengiriman kokoa biasanya mengantarkan komoditas ini ke Belgia, Inggris, Swiss, Belanda, Rusia, hingga Jepang;
  7. Furnitur. Tahukah Anda bahwa Indonesia dikenal sebagai produsen mebel teratas di dunia? Produksi hasil hutan yang melimpah membuat produsen mampu memasok kebutuhan domestik hingga mancanegara. Hal ini pula yang membuat furnitur buatan Indonesia dijumpai di negara-negara seperti Singapura, Belanda, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat;
  8. Alas kaki. Disitat dari laman website Kementerian Perindustrian, Indonesia ternyata menempati posisi keempat produsen alas kaki terbesar dunia pada 2019 silam. Kapasitas produksi alas kaki dalam negeri pun mencapai lebih dari seribu juta pasang per tahun. Dengan jasa ekspor, alas kaki buatan Indonesia dikirimkan ke Italia, Kanada, Jerman, Perancis, dan Sri Lanka;
  9. Komponen otomotif. Bukan hanya sebagai konsumen produk otomotif, Indonesia termasuk produsen komponen otomotif yang kualitasnya tak perlu diragukan. Sejumlah pabrikan otomotif bahkan sudah menempatkan pusat produksinya di Indonesia. India, Tiongkok, Thailand, hingga Amerika Serikat menjadi pelanggan komponen otomotif buatan Indonesia;
  10. Elektronika. Komoditas terakhir yang juga berpotensi Anda pilih untuk bisnis ekspor adalah elektronika. Menurut data ekspor pada 2020, angka ekspor elektronika sudah mencapai angka USD9,23 miliar dan sudah mencakup mesin dan perlengkapan elektrik. Taiwan, Tiongkok, Vietnam, Thailand, Belgia, dan Inggris adalah beberapa negara yang mengimpornya.

Memakai jasa ekspor terpercaya dari Antara Logistic

Dengan melimpahnya komoditas ekspor dan potensi yang dimiliki Indonesia, bukan hal aneh kalau jasa export semakin diminati. Di sisi lain, ekspor memerlukan proses yang lebih rumit dibandingkan pengiriman barang dalam negeri.

Untuk itu, Antara Logistic menyediakan layanan ekspor ke berbagai negara. Sebagai perusahaan freight forwarding dengan pengalaman lebih dari delapan tahun, Antara Logistic telah membantu sejumlah eksportir untuk mengantarkan komoditas-komoditas utama ke sejumlah negara. Sebut saja Tiongkok, Hong Kong, Thailand, Singapura, Taiwan, hingga Korea Selatan.

Bisa ekspor bersama AntaraLogistic tentu membantu Anda yang membutuhkan layanan kirim barang untuk memulai atau meneruskan kegiatan ekspor. Adapun sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh perusahaan freight forwarding ini, antara lain:

  • Jasa menyasar semua target

Apa Anda baru mengenal dunia ekspor atau sudah berpengalaman dalam mengurusnya? Dalam hal ini, Antara Logistic dapat membantu klien-klien yang datang dari dua kelompok tersebut. Untuk pemula, Anda akan dibantu menyiapkan keperluan ekspor, sedangkan yang sudah tahu seluk-beluk dunia ekspor akan mendapatkan layanan pengiriman sesuai ekspektasi mereka.

Ketersediaan jasa ekspor dari Antara Logistic pun dipastikan sama baiknya seperti jasa impor yang memberikan layanan import undername bagi importir yang belum mengantungi izin resmi.

  • Tarif ekspor terjangkau dan kompetitif

Tarif atau biaya pengiriman tentu jadi bahan pertimbangan utama sebagian besar eksportir. Sebagai perusahaan freight forwarding yang sudah menangani macam-macam klien, Antara Logistic mempunyai indikator khusus yang membantu mereka menentukan tarif ekspor terjangkau sekaligus kompetitif. Jadi, eksportir juga tak merasa terbebani saat memberikan tagihan pembayaran. Tim manajemen Antara Logistic pun akan selalu memberikan transparansi terkait tarif ekspor, sehingga dapat dipertanggungjawabkan apabila Anda menghadapi masalah.

  • Kemudahan dalam perizinan bea cukai

Salah satu faktor yang membuat kegiatan ekspor lebih kompleks adalah perizinan bea cukai. Tentu Antara Logic sudah mengantisipasi ini dengan memastikan dan membantu eksportir mengurus dokumen yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda bisa ekspor bersama AntaraLogistic tanpa mengalami kendala saat barang dikirimkan ke negara tujuan.

Walau demikian, Anda harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan sebelum mengirimkan barang supaya Antara Logistic lancar memprosesnya.

  • Proteksi maksimal pada barang yang dikirim

Seperti perusahaan freight forwarding lainnya, Antara Logistic akan memprioritaskan keamanan dari barang-barang yang dikirimkan ke luar negeri. Sebelum diantar dengan armada, Antara Logistic bakal memeriksa kemasan atau packaging barang. Mereka juga akan memberikan jaminan berupa asuransi yang bisa Anda klaim apabila barang mengalami kerusakan atau hilang di perjalanan.

Namun, Anda perlu membaca dulu syarat dan ketentuan. Pasalnya, Antara Logistic tak menanggung risiko yang Anda sebabkan sendiri.

  • Proses kerja sama mudah dan profesional

Menjalin kerja sama dengan Antara Logistic juga tak akan memusingkan Anda. Jasa export yang diberikan sudah mengikuti prosedur dan sesuai standar internasional. Bahkan Antara Logistic dapat membantu Anda bernegosiasi dengan penerima dari negara tujuan untuk mendapatkan harga yang bersahabat dan menguntungkan.

Untuk itu, jangan sia-siakan kerja sama yang dibangun bersama Antara Logistic, apalagi untuk pengiriman barang jangka panjang.

Persiapan ekspor barang ke negara-negara tujuan

Kendati peluang bisa ekspor bersama AntaraLogistic sangat menguntungkan, Anda tetap perlu menyiapkan semua kebutuhan untuk memulai prosesnya. Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa diikuti eksportir, baik pemula maupun yang berpengalaman.

1. Riset produk dan negara tujuan ekspor (NTE)

Daftar komoditas ekspor yang sudah dijelaskan sebelumnya akan memudahkan Anda meriset produk mana yang sesuai minat dan anggaran. Selain itu, Anda juga harus mengetahui produk mana yang punya daya jual menjanjikan dan produk yang dibatasi atau dilarang untuk diekspor. Selain itu, jaminan kontinuitas di negara tujuan pun perlu Anda periksa agar bisnis terus berjalan.

Salah satu cara untuk melihat potensi komoditas di negara tujuan ekspor adalah mencarinya dengan keyword Market Intelligence atau Market Brief pada laman pencarian. Sebagai contoh, Anda yang mau pakai jasa ekspor untuk kirim gula kelapa bisa memakai keyword Market Brief coconut sugar untuk memperoleh gambaran pasar beserta potensinya.

Riset kecil-kecilan akan membantu Anda mendapatkan gambaran seputar produk dan penjualannya di negara tujuan ekspor. Dari sini, Anda bisa membuat perbandingan umum sebelum mengerucutkannya untuk hasil lebih spesifik. Kalau butuh tool tambahan untuk riset, Anda bisa kunjungi website ekspor-impor seperti Trademap.org.

2. Siapkan alat-alat promosi untuk kegiatan ekspor

Alat-alat promosi bakal membantu Anda mempromosikan produk, termasuk saat mengikuti pameran dagang, antara lain:

  • Kartu nama untuk keterangan nama pribadi, nama perusahaan, kontak email, nomor telepon, hingga jabatan;
  • Brosur untuk menampilkan produk yang Anda kirim lewat jasa export seperti Antara Logistic, termasuk manfaat dan keunggulannya;
  • Katalog untuk menjelaskan spesifikasi produk hingga metode pembayaran;
  • Company profile untuk menjelaskan tentang perusahaan, sertifikat dan prestasi yang diraih, hingga latar belakang produk yang dijual.
3. Melengkapi korespondensi untuk ekspor

Korespondensi dalam hal ini adalah kegiatan surat menyurat yang dilakukan penjual dan pembeli. Sebagai eksportir, Anda harus menyiapkan dua surat ini:

  • Korespondensi dalam hal ini adalah kegiatan surat menyurat yang dilakukan penjual dan pembeli. Sebagai eksportir, Anda harus menyiapkan dua surat ini:
  • • Surat penawaran (Offering Letter atau Quotation). Di surat ini, Anda dapat menyebutkan harga produk sesuai permintaan (belum termasuk tarif dari jasa ekspor). Penjelasan seputar spesifikasi barang hingga metode pembayaran pun sebaiknya dijelaskan dalam surat ini. Cantumkan juga minimal harga freight on board, yakni harga barang saat sampai di pelabuhan lokal apabila diperlukan.

PROSES EKSPOR

1325

+

Dipercaya lebih dari
ribuan pebisnis muda

Kami mengirimkan dari
Indonesia ke 30 negara

Apa kata mereka tentang
Ekspor Antara Logistic

“Ekspor ternyata benar mudah, gak perlu ribet urus ini itu. Kedepannya akan menggunakan EAL lagi”

“ Terimakasih telah membantu saya ekspor kopi ke Qatar. Menurut saya cepat dan aman sih kirim di sini”

“Akhirnya saya bisa membantu usaha UMKM di tempat saya tinggal, syukur orang sana suka dengan barangnya dan repeat order ”

Frequently Asked Questions

Bagi kalian yang ingin melakukan proses ekspor di Antara Logistic, kalian bisa menghubungi CS kami terlebih dahulu. Kemudian ada beberapa hal yang perlu dipastikan yaitu memiliki legalitas/izin untuk ekspor, sudah memiliki pembeli di negara tujuan, mempersiapkan invoice dan packing list, kemudian akan ada pengurusan custom di Indonesia dan kemudian akan dilakukan pengiriman ke negara tujuan.

Antara Logistic bisa melakukan ekspor ke negara mana saja, namun ada beberapa negara yang harus memiliki kontrak tersendiri seperti USA (namun masih bisa melakukan ekspor)

Hampir semua barang bisa untuk di ekspor, kecuali barang prohibited seperti serabut kelapa, arang dan batok kelapa.

Tidak ada minimal pengiriman ekspor

File / dokumen yang dibutuhkan untuk ekspor adalah commercial invoice, packing list, NIB, dan NPWP (Lartas Dokumen)

Kami menyediakan sistem tracking cargo berkala yang akan memberi pemberitahuan update pengiriman barang.

Komposisi biaya impor ditentukan oleh beberapa factor antara lain OF/AF, STORAGE, LOLO, THC, LSS, SEAL, DOC, ADM, HANDLING, TRUCKING, CUSTOM, DLL

Jalur yang digunakan dalam pengiriman tersedia dalam jalur laut atau kapal dan juga jalur udara atau pesawat.

Masih ragu dengan kami?

Konsultasikan Gratis!!!

Konsultasi gratis sekarang