Beli Barang di Aliexpress, Begini Tips Mudahnya

Alibaba mempunyai retail yang cukup bagus dan terkenal yaitu Aliexpress. Di retail ini Anda bisa berbelanja atau membeli barang dengan jumlah satuan ataupun dalam jumlah yang sedikit. Namun, ada juga yang membeli barang di sini dengan jumlah banyak untuk dijual kembali. Tidak sedikit penjual di Indonesia yang mempunyai toko online barang impor atau gudang impor yang menjual barang China yang dibeli dari Alibaba atau distributor lain. 

Memang cukup menyenangkan apabila bisa membeli barang China langsung dari negaranya, karena kemungkinan besar mendapatkan barang yang bagus namun harga murah. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips membeli di marketplace China ini agar mendapatkan barang yang bagus sekaligus meminimalisir mendapatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah tips-tips tersebut. 

Tips Membeli Barang di Aliexpress

    1. Tips membeli barang di Aliexpress yang pertama adalah membeli dari seller yang sudah terpercaya. Saat berbelanja, utamakan Anda memilih dan membeli di seller terpercaya dan sudah berpengalaman banyak. Seller terpercaya bisa dilihat dari lamanya berjualan serta feedback yang didapatkan. Misalnya sebuah toko sudah berjualan sejak 2013 lalu dengan feedback 43.000 lebih dan tingkat feedback positif mencapai 98% serta mempunyai rating yang bagus. 
    2. Tips yang kedua adalah Anda harus selalu mengecek description atau deskripsi barang yang dijual pada sebuah toko atau barang yang akan Anda beli. Umumnya seller di marketplace ini akan menuliskan deskripsi barang yang mereka jual secara lengkap. Nah deskripsi tersebut dapat Anda temukan di bagian bawah barang. Anda harus menyimak dan membaca secara seksama serta teliti deskripsi tersebut agar Anda bisa meminimalisir kesalahan di dalam membeli barang yang Anda inginkan atau butuhkan. 
    3. Tips selanjutnya, apabila Anda membeli barang dari toko atau seller yang sama. Anda bisa meng-kontak lebih dahulu seller tersebut. Mengapa? Karena Anda bisa menanyakan tentang combine shipping sehingga bisa untuk lebih hemat ongkos kirim. 
    4. Apabila Anda membeli barang dengan jumlah yang banyak, Anda juga harus kontak seller lebih dulu. Dengan begitu, mungkin Anda akan mendapatkan diskon harga barang ataupun Anda bisa mendapatkan potongan ongkos kirim. 
    5. Anda bisa menghubungi seller lebih dahulu jika Anda belum yakin dengan barang beserta deskripsinya. Anda bisa menanyakan secara detail tentang barang atau Anda bisa menanyakan hal-hal yang ingin ditanyakan. Dengan begitu, Anda bisa lebih yakin apakah barang yang akan dibeli sudah yang paling tepat yang Anda cari ataukah sebaliknya. 
    6. Anda sebaiknya menghindari menggunakan metode pengiriman yang tidak ada tracking number. Hal itu karena akan menyulitkan Anda dalam melacak keberadaan dari paket Anda. 
    7. Jika hasil dari pelacakan paket ada masalah, sebaiknya Anda segera menghubungi seller untuk mendapat kejelasan tentang paket. 
    8. Setelah paket diterima, sebaiknya Anda langsung mengecek dan memeriksa paket tersebur apakah sudah benar dan diterima dalam keadaan baik. Lalu setelahnya tinggalkan feedback untuk seller. 

Demikian pembahasan di artikel ini mengenai tips belanja di Aliexpress. Semoga bermanfaat!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang