Apa yang Dimaksud dengan Barang Bebas?

Untuk Anda yang ingin mencoba melakukan kegiatan impor barang, maka Anda perlu terlebih dahulu apakah barang yang akan Anda impor tersebut merupakan barang bebas atau barang yang tidak diperbolehkan untuk masuk ke Indonesia. Untuk tahu apa itu barang impor yang termasuk dalam barang impor bebas atau tidak mari kita simak ulasan berikut ini. 

Apa yang dimaksud dengan LARTAS?

Ketika kita bicara mengenai masalah impor barang, maka kita tidak bisa lepas dari yang namanya jenis barang yang boleh dan yang tidak boleh diimpor ke Indonesia. Yang membedakan antara barang yang boleh dan tidak boleh diimpor ini adalah LARTAS. 

LARTAS sendiri merupakan singkatan dari larangan dan pembatasan. Artinya ketika Anda melakukan impor ada beberapa barang yang disebut dengan barang bebas dan ada juga barang yang masuk dalam kategori barang yang masuk dalam LARTAS.

Pada dasarnya jenis barang impor ada 3 jenis yaitu barang impor bebas, barang yang dibatasi dan juga barang yang dilarang. Untuk perbedaan dari ketiga jenis barang impor ini akan dibahas lebih detail dalam subbab selanjutnya. 

Barang yang dilarang

Barang yang dilarang masuk ke dalam sebuah negara adalah barang yang tidak boleh dimasukkan dan tidak akan lolos bea cukai jika sebuah komunitas importir China ingin memasukkan barang tersebut. 

Akan tetapi beberapa jenis dari barang yang dilarang ini saat ini masih cukup banyak ditemukan di Indonesia. Beberapa jenis barang yang dilarang tapi masih masuk ke dalam negeri salah satunya adalah pakaian bekas. 

Selain pakaian bekas, ada cukup banyak lagi jenis-jenis barang yang dilarang masuk ke Indonesia, contohnya limbah B3, Peptisin Etilin Dibromida, mesin BPO dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Barang yang dibatasi 

Untuk barang yang dibatasi, barang ini masih boleh masuk ke Indonesia tapi dengan syarat jumlahnya tidak boleh melebihi yang sudah ditetapkan pemerintah. Jenis barang impor yang dibatasi ini antara lain adalah barang pangan seperti beras dan gula, hewan dan produk dari hewan, produk kehutanan dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Barang impor bebas

Nah untuk barang impor yang satu ini merupakan jenis barang impor yang jumlahnya bebas dan tidak dibatas. Lalu apa saja yang termasuk dalam barang impor bebas ini? Untuk jenisnya, semua barang yang tidak termasuk dalam barang yang ada dalam golongan LARTAS atau dilarang dan dibatasi masuk ke dalam golongan barang ini. 

Jika Anda bingung apakah barang yang akan Anda impor ini merupakan barang bebas atau barang yang masuk dalam golongan LARTAS, Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu atau melakukan konsultasi gratis yang kami, jasa Antaralogistic.com sediakan. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang