Apa itu MSDS? Informasi Lengkap Berkenaan dengan MSDS

MSDS tentu saja masih terasa asing bagi orang awam ketika ditanya ini berkenaan dengan hal tersebut. MSDS adalah singkatan dari material safety data sheet. Apa itu MSDS?

Singkatnya MSDS adalah lembar yang berisikan data data keselamatan bahan. Bahan-bahan yang ada pada lembar data tersebut merupakan bahan kimia yang memiliki jenis bahaya apabila disalahgunakan dan harus ada cara khusus dalam menanganinya.

Saat ini istilah MSDS sudah menggunakan singkatan dalam istilah bahasa Indonesia yaitu LDKB dengan kepanjangan lembar data keselamatan bahan. Tentu saja MSDS merupakan hal yang sangat penting dan memiliki regulasi khusus. Berikut adalah informasi lengkap berkenaan dengan MSDS. 

Sumber MSDS dan Mengapa MSDS Sangat Diperlukan

MSDS sendiri memiliki aturan nasional bahkan internasional sehingga sangat diperlukan dalam sebuah manufaktur. Tentu saja pertanyaan pertama yang akan muncul adalah dari mana pekerja atau staf bisa mendapatkan MSDS tersebut. MSDS sendiri didapatkan dari produsen yang memproduksi bahan kimia tersebut dan menjadi tanggung jawab mereka untuk meng melampirkan atau menyediakan MSDS.

Anda sebagai pekerja harus memiliki MSDS dengan update-an atau revisi terbaru sehingga semua data adalah data yang akurat untuk saat ini. MSDS sendiri menjadi informasi yang sangat akurat dan Kredibel dan akan bermanfaat untuk mencegah terjadinya sesuatu hal seperti kecelakaan dengan bahan kimia tersebut.

Dengan adanya MSDS Anda bisa memahami dan mempelajari bahan-bahan yang digunakan lalu berlanjut dengan alat perlindungan yang harus disiapkan ketika menggunakan bahan-bahan kimia tersebut. Selain untuk keselamatan secara individu dengan memiliki MSDS ada bisa langsung mencegah Apabila terjadi kecelakaan dalam jangka yang lebih besar seperti kebakaran atau pun kebocoran. 

Informasi yang Didapatkan dengan adanya MSDS

Informasi yang harus ada dan akan Anda dapatkan apabila memiliki MSDS suatu produk kimia terbaru adalah sebagai berikut.

Terdapat 16 informasi utama dan harus dilampirkan secara lengkap dalam sebuah MSDS. Identitas bahan yang digunakan disertakan dengan nama perusahaan yang membuat,  lalu Ada komposisi bahan yang digunakan, identifikasi bahaya yang dapat terjadi, tindakan P3K yang bisa dilakukan, Tindakan penanggulangan apabila terjadi kebakaran,  tindak penanggulangan ketika terjadi kebocoran, Cara penyimpanan dan penanganan bahan kimia,  pengendalian dan penjelasan APD, Sifat fisika dan kimia dari bahan tersebut,  stabilitas dan reaksi dari bahan kimia, Informasi berkenaan dengan toksikologi atau tingkat racunnya, Informasi berkaitan dengan ekologi atau lingkungan, pembuangan limbah, Informasi yang bertujuan untuk pengangkutan bahan, Informasi dalam perundang-undangan, Lalu informasi lain seperti tanggal dibuatnya MSDS ataupun tanggal revisi atau update MSDS terakhir.  

MSDS Produk

Tidak bisa dipungkiri beberapa produk dengan sifat dan jenis yang sama bisa berasal dari dua produsen yang berbeda. Hal ini membuat beberapa keperluan dirasa tidak memerlukan MSDS lagi karena sudah ada MSDS dari produk sebelumnya. Tindakan ini sangat salah karena seperti yang sudah dijelaskan bahwa MSDS memiliki sifat jenis produsen. Walaupun jenis dan bentuk bahan kimia tersebut sama tetap saja harus memiliki MSDS yang berbeda. Hal ini bisa menjadi informasi tambahan untuk Anda dan semakin Sigap Apabila terjadi sesuatu.

Anda harus memperpanjang atau memperbarui MSDS dalam jangka waktu kira-kira 3 bulan setelah  produsen tempat Anda mendapatkan bahan kimia tersebut mendapatkan informasi terbaru. Pada beberapa produsen yang mengeluarkan MSDS mereka dengan lengkap terdapat tanggal kadaluwarsa sehingga hal ini akan semakin memudahkan Anda untuk mengidentifikasi MSDS tersebut. 

Informasi di atas merupakan jawaban dari MSDS adalah apa dan mengapa dibutuhkan. Tentu saja hal ini akan luput dari beberapa orang yang tidak menekuni bidang bahan kimia dan sejenisnya. Tetapi hal ini sangat penting karena mengingat keselamatan orang banyak bisa menjadi taruhannya.

MSDS juga sebaiknya memiliki bahasa dan isi yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pekerja yang ada di lapangan. Penggunaan MSDS dalam bahasa Inggris terkadang akan menyulitkan beberapa pihak sehingga Anda bisa beralih menggunakan MSDS yang mengandung bahasa Indonesia. Anda bisa langsung menjelaskan dengan cepat dan tepat ketika ditanya tentang MSDS. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang