AliExpress Indonesia, Marketplace Tiongkok Saudara Alibaba

AliExpress Indonesia merupakan salah satu jenis bisnis yang digadang – gadang sebagai anak dari perusahaan Alibaba Group, salah satu bisnis yang paling maju saat ini. Nah, di Aliexpress Indonesia ini, nantinya Kamu akan dipermudah apabila ingin membelanjakan diri Kamu dengan barang – barang impor, namun tentunya dengan harga yang sangat terjangkau. 

Tidak sedikit, masyarakat yang kurang familiar dengan AliExpress Indonesia ini. Sebab, banyak masyarakat yang pada akhirnya lebih sering menggunakan platform e – commerce yang mudah ditemui dan muncul di televisi – televisi lokal. Sedangkan, Aliexpress tidak demikian.

Maka dari itu, kali ini Saya akan membahas mengenai beberapa informasi terkait dengan AliExpress Indonesia. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!

AliExpress dan Harga yang Terjangkau

Sudah sedikit disinggung di atas bahwa jika Kamu menggunakan platform e – commerce AliExpress maka Kamu akan ditawarkan harga barang – barang impor yang sangat terjangkau. Padahal kita sendiri tahu, bahwa untuk mengimpor barang tentunya akan banyak biaya yang dikeluarkan selama perjalanan menuju dalam negeri dan akhirnya akan menaikkan harga produk. Nah, nyatanya hal ini tidak berlaku jika Kamu berbelanja di AliExpress Indonesia ini.

Penyebab AliExpress memberikan harga barang impor yang sangat terjangkau ada dua kemungkinan. Pertama, AliExpress sendiri memiliki sistem pembelian yang langsung dari pabrik asalnya, sehingga dengan begitu akan mendapatkan harga utama. Nah, biasanya pabrik tujuannya adalah pabrik – pabrik yang ada di Tiongkok, yang mana kita semua tahu barang yang berasal dari Tiongkok terkenal dengan harga yang cukup miring bukan? Tak hanya itu juga, ada system penegakan hukum kekayaan intelektual di Tiongkok yang membuat harga semakin murah saja.

Selanjutnya, kemungkinan kedua yang membuat pihak AliExpress memberikan harga yang murah adalah karena keadaan barang yang sedikit mengalami kecacatan fisik. Maka dari itu, Kamu sebagai konsumen ada baiknya untuk tetap cerdik dalam memilih barang – barang dengan merk ternama dan dijual dengan harga yang murah. Tentu setidaknya ada penyebab mengapa barang tersebut dijual dengan harga yang murah.

Barang yang Ditawarkan di Aliexpress Indonesia

Seperti halnya platform e – commerce lainnya, Aliexpress juga menyediakan banyak kategori barang yang dijualnya. Nah, beberapa kategori barang yang dijual adalah sebagai berikut :

Busana untuk wanita dan pria

Perhiasan dan jam tangan

Tas dan sepatu

Kecantikan dan kesehatan rambut

Ponsel dan telekomunikasi

Computer dan keamanan

Elektronik

Mainan anak – anak dan bayi

Hiburan dan olahraga

Mobil dan sepeda motor

Serta alat – alat perbaikan rumah.

Di dalam masing – masing kategori barang tersebut, tentunya akan ada banyak lagi jenis dari masing – masing barang dalam kategori tersebut. Kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan Kamu dan kebutuhan Kamu. Menyenangkan bukan?

Menghindari Penipuan di AliExpress Indonesia

Seperti yang sudah diketahui bahwa segala sesuatu yang dibeli dari platform e – commerce dapat berpotensi terjadinya penipuan. Maka dari itu, Kamu sebagai pembeli harus tetap waspada dan teliti dalam memilih barang di AliExpress Indonesia.

Tapi tenang saja, ada beberapa cara yang bisa Kamu  kerahkan dalam mewaspadai barang – barang palsu atau penipuan yang mungkin terjadi pada platform e – commerce, termasuk AliExpress Indonesia ini. Berikut ini diantaranya :

Pertama, ada baiknya Kamu untuk terus berhati – hati apabila menemukan barang bermerk yang harganya terlalu murah. Ada baiknya, sebelum melakukan transaksi, Kamu mencari terlebih dahulu soal referensi pada situs – situs lain mengenai barang yang hendak Kamu beli. Jika memang harganya cukup berbeda, ada baiknya Kamu menghindari atau mungkin bisa saja tetap melkaukan transaksi namun jangan menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi.

Kedua, lakukan pengecekan pada feedback yang diberikan pada pembeli – pembeli terdahulu. Jika penjual yang hendak Kamu beli nyatanya memiliki reputasi yang buruk, ada baiknya mencari penjual yang lain saja.

Terakhir, gunakan pembayaran Alipay Escrow, yang mana pembayaran ini akan membuat Kamu lebih aman saat berbelanja di AliExpress.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai AliExpress Indonesia. Semoga bermanfaat untuk Kamu dan dapat menjadi referensi untuk Kamu ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang