Alibaba China Menawarkan Kenyamanan Dalam Pengiriman Barang

Alibaba China

Rata-rata hampir sebagian besar masyarakat di penjuru dunia mengenal yang namanya perusahaan populer bernama Alibaba China. Ya, perusahaan yang bergerak di bidang E-commerce ini menjadi salah satu platform media layanan yang efisien dan terpercaya dalam menghubungkan jutaan pembeli dan penjual di berbagai dunia dalam kesehariannya. Meski demikian, tahukah Anda mengenai jasa pengiriman barang apa yang digunakan oleh perusahaan populer yang satu ini?

Sekilas tentang perusahaan Alibaba China

Seperti yang telah disinggung dalam pembahasan di atas, perusahaan Alibaba China adalah salah satu platform media web grosir B2B (business to business) E-commerce terbesar di dunia dan menjadi perusahaan perdagangan online peringkat pertama untuk perdagangan global serta domestik China. Dalam layanan yang diberikan ini, orang – orang akan bisa melihat ratusan bahkan hingga ribuan produsen China di dalamnya dari berbagai bidang.

Meski demikian, sebagian besar pemasok di layanan Alibaba China ini merupakan para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Sehingga tak mengherankan jika para pelaku UKM ini dapat menjadikan situs dari perusahaan populer Alibaba China ini sebagai business to business terbesar yang menjadi penghubung antara produsen di China dengan dunia demi mengembangkan / meningkatkan kualitas usaha yang dibangun di pasaran.

Fakta menarik tentang perusahaan Alibaba China

Menjadi salah satu perusahaan yang kini semakin populer dan dikenal oleh masyarakat secara luas di segala penjuru dunia, tentu saja tidak membuat Alibaba China terlepas dari fakta – fakta menarik di dalamnya, bukan? Bahkan, dengan memanfaatkan situs web Alibaba.com ini, para pelaku usaha dapat terbantu untuk mengembangkan usahanya lebih luas hingga ke luar negeri. Namun, tahukah Anda mengenai fakta menarik mengenai perusahaan Alibaba China yang satu ini?

  • Siapa pemilik Alibaba China?

Kepopuleran perusahaan asal Negeri Tirai Bambu, China ini tentu saja tidak terlepas dari kerja kerja pemiliknya, bukan? Ya, perusahaan raksasa Alibaba Group yang didirikan oleh Jack Ma ini menjadi salah satu perusahaan besar dunia yang mampu mendulang kesuksesan skala global. Pada 20 September tahun 2014 silam, saham Alibaba resmi diperdagangkan di Bursa New York Amerika Serikat (NYSE).

Bahkan, kini Alibaba tersebut resmi menjadi perusahaan teknologi kesayangan China. Meski demikian, kesuksesan yang diperoleh dari perusahaan tersebut nyatanya menyimpan perjalanan miris dari seorang Jack Ma yang harus berjuang dan menghadapi segala rintangan untuk membuat perusahaan tersebut sukses. Menariknya lagi, salah seorang mantan karyawan bernama Porter Erisman menulis kisah perjuangan ini dalam buku berjudul ‘Alibaba’s World’.

  • Berawal dari usaha rumahan yang sederhana

Kebanyakan usaha sukses yang berkembang di zaman sekarang bermula dari usaha kecil rumahan. Sama halnya yang terjadi pada perusahaan Alibaba China yang satu ini. Dimana, Jack Ma diketahui merintis usahanya di apartemen kecil nan kumuh di Hangzhou pada tahun 1999 silam. Bahkan, dia mempekerjakan karyawan perta yang tidur, makan dan bekerja sepanjang waktu di apartemen tersebut.

Kemudian di tahun 2020, Alibaba diketahui membuka kantor di Silicon Valley dan menyewa sebuah rumah di California. Di rumah tersebut, Alibaba dan sekumpulan insinyur dikirim dari Hangzhou untuk bekerja berjam – jam dan terpaksa makan mie instan untuk sekedar mengisi perut di waktu malam. Tentu saja, ini menjadi kisah perjuangan yang inspiratif bagi semua orang, bukan?

  • Menyewa petani sebagai tim penjual

Di tengah usahanya dalam mengembangkan perusahaan Alibaba, Jack Ma ternyata mengalami banyak kekurangan. Pasalnya, dia mengalami kekurangan tim dalam hal penjualan dan tidak mampu untuk menggaji lulusan universitas terbaik China dengan USD. Sehingga, Jack Ma pun akhirnya merekrut orang muda dari pedesaan yang berlatar belakang sebagai petani untuk menjadi tim penjualan.

Hanya dengan memberi upah yang terbilang rendah, namun siapa sangka jika perusahaan Alibaba ini mampu memberikan langkah kecil bagi para karyawan dan juga keluarganya. Bahkan, perusahaan tersebut dikatakan dalam buku ‘Alibaba’s World’ menjadi harapan tersendiri bagi para pemuda desa yang direkrut sebagai tim penjualan.

  • Adanya pemadaman listrik kantor Jack Ma

Selama merintis usaha di apartemen Hongzhou, ada fakta menarik bahwa listrik yang dialirkan untuk kantor Jack Ma ternyata sering kali dipadamkan. Hal ini terjadi lantaran jaringan listrik di daerah tersebut terbilang masih belum stabil dan tidak bisa untuk mengimbangi tingginya permintaan listrik pabrik. Sehingga, hal inilah yang membuat kantor Jack Ma harus mengalami pemadaman bergilir dan pengaturan ketat.

Bahkan, ada kisah tersendiri dimana para karyawan yang bekerja di kantor tersebut ketika mengalami kondisi cuaca terpaksa menempatkan balok es besar di bak plastik sekitar kantor karena tidak diizinkannya menghidupkan AC di siang hari. Tak hanya itu, jika pada waktu musim panas para karyawan juga diminta untuk pulang.

Daftar perusahaan populer yang dinaungi perusahaan alibaba China

Dikenal sebagai salah satu raksasa E-commerce di dunia, Alibaba China ternyata memiliki beberapa perusahaan yang dinaungi di dalamnya. Bahkan, terhitung sudah ada lebih dari 100 negara yang mengoperasikan bisnis di bawah naungan Alibaba China ini. Meskipun awalnya hanya berfokus pada bisnis jual beli, siapa sangka jika perusahaan ini nyatanya mencakup banyak sektor yang dijalankan.

Adapun berbagai sektor yang dijalankan perusahaan tersebut di antaranya yakni seperti media, platform pembayaran, perfilman hingga sektor kesehatan. Nah, Anda tentu penasaran bukan mengenai perusahaan yang dinaungi Alibaba China? Beberapa perusahaan tersebut antara lain seperti berikut ini :

  • Lazada
  • South China Morning Past
  • AutoNavi
  • Taobao
  • Alipay
  • Alibaba Pictures Group
  • Aliwangwang dan Laiwang
  • Ali Health Information Technology

Keunggulan belanja di Alibaba China online shopping

Sebagai situs E-commerce terbesar di dunia, Alibaba China menjadi salah satu pemasok terbaik untuk tempat pembelian produk secara grosir dalam jumlah besar. Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai jasa layanan pengiriman yang digunakan oleh perusahaan ini, ada baiknya Anda mengetahui berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Alibaba China di antaranya sebagai berikut.

  • Memiliki fasilitas untuk merencanakan produk buatan sendiri.
  • Mempunyai kemudahan dalam membeli produk grosir dalam jumlah banyak langsung dari tangan produsen.
  • Memiliki harga produk yang terbilang jauh lebih bersaing di pasaran.
  • Memiliki kontrol / pengawasan penuh terhadap kemasan produk yang dijual.
  • Harga produksi yang ditawarkan relatif lebih rendah.
  • Menawarkan banyak produsen dan supplier terbaik yang bebas dipilih sesuai keinginan.
  • Memiliki daftar pilihan menu belanja yang terbilang lengkap dan berkualitas.

Selain menawarkan keunggulan di atas, Anda yang berniat untuk membeli produk dari Alibaba China juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini :

  • Melakukan verifikasi mengenai suplier yang akan dipilih.
  • Meluangkan waktu untuk melihat produk yang sama dari beberapa pemasok.
  • Membandingkan harga dan kualitas produk secara teliti.
  • Jangan lupa melakukan komunikasi secara intens dengan pemasok.
  • Lakukan negosiasi harga dengan pemasok dengan teliti dan bersikap fleksibel.
  • Hindari pembelian produk dari merek-merek ternama agar terhindari dari produk tiruan, sehingga akan terbebas dari masalah hukum.

Apa jasa layanan yang dipakai perusahaan Alibaba China?

Setelah mengetahui beberapa informasi penting mengenai Alibaba China di atas, Anda tentu penasaran mengenai jasa layanan yang digunakan oleh perusahaan tersebut, bukan? Nah, perusahaan ini umumnya memanfaatkan jasa layanan pengiriman Antara Logistic atau bisa Anda lihat alamat websitenya di https://antaralogistic.com/. Di jasa layanan ini, Anda bisa melihat berbagai kelebihan yang ditawarkan dari proses pengirimannya, di antaranya sebagai berikut :

  • Melakukan pembelian atau pengiriman barang dari supplier dengan Marking Code yang disediakan.
  • Melakukan perhitungan, pengukuran dan pengecekan kualitas di gudang China.
  • Melakukan pengiriman barang ke tempat tujuan, termasuk Indonesia melalui jalur laut maupun jalur udara.
  • Melakukan pengurusan custom clearance sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku.
  • Barang yang tiba di Jakarta, nantinya akan dikirimkan kembali ke alamat tujuan konsumen. Dimana, barang yang telah sampai di tangan konsumen ini akan dimintai tagihan sesuai dengan kesepakatan di awal pembelian produk.

Itulah sedikit informasi yang bisa Anda ketahui mengenai perusahaan E-commerce raksasa di dunia Alibaba China dengan jasa layanan pengiriman yang digunakan.

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang