Air Freight China Indonesia, Memudahkan Anda Dalam Impor Paket

Perusahaan pengiriman barang impor antara logistik yang mengutamakan tujuan Cina-Indonesia memang termasuk dalam layanan kelas pertama. Mereka telah menemukan cara dan sistem pengiriman yang lebih mudah tanpa banyak anggaran biaya untuk mengirim barang ke Indonesia. Di sinilah keuntungan dari jasa Air Freight China Indonesia antara logistik.

Apakah Tugas Dari Air Freight atau Freight Forwarder?

Perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman atau penerimaan barang dari luar negeri disebut dengan Freight Forwarder yang kini melayani dalam jumlah yang maksimal dan besar. Ketika barang dipesan di sebuah toko di Cina atau negara tujuan maka tugas dari perusahaan ini adalah mengantarkan dan mengontrol semua kewajiban dan hak dari penerima atau pengirim barang. Sebagai gambaran umumnya, toko di Indonesia ingin mengirimkan barang (ekspor) ke Cina melalui antara logistik sejumlah biaya tertentu. Dengan ini pihak penerima di Cina akan di cek oleh pihak antara logistik apakah sudah lunas pembayarannya, bagaimana kondisi barang dan waktu pengiriman.

Inilah kira-kira tugas dari Freight Forwarder, sedangkan media untuk mengirimkan barang paketan bisa melalui jalur udara atau laut (darat). Apabila penerima menghendaki jalur udara maka biaya yang dibebankan cukup besar dengan risiko kecil dan lebih cepat.

Apakah Freight Forwarder Punya Kantor Cabang Di Dunia?

Iya tentunya, karena jika perusahaan berskala internasional tidak memiliki cabang di berbagai negara tentunya akan sulit untuk menjangkau barang ke tujuan. Minimal mereka memiliki cabang kecil di pelabuhan kota utama. Sebagai contoh, perusahaan Freight Forwarder antara logistik memiliki kerja sama dengan perusahaan pengiriman di Indonesia (tiki, jne, kantor pos). Kemudian, keduanya akan berusaha untuk mengirimkan barang hingga tujuan (penerima).

Kendala yang Dihadapi Oleh Freight Forwarder

  1. Cuaca

Risiko setiap usaha adalah cuaca yang tiba-tiba saja memburuk seperti badai di tengah lautan atau angin kencang di udara. Pihak penerbangan tentu akan delay atau mengundur sedikit waktu demi menghindari bahaya perjalanan. Sama halnya dengan perjalanan di lautan yang berisiko cukup besar karena ketika kapal tenggelam maka tak ada satupun penolong yang langsung datang di kala cuaca buruk.

  1. Pembayaran

Beberapa toko atau supplier tentu ingin barangnya cepat habis atau laku, namun ada beberapa yang menerapkan sistem tempo (hutang). Sebagai contoh, pak ali dari Indonesia memesan barang elektronik ke toko Cina seharga Rp. 2 milyar. Pak Ali membayar separuhnya dan sisanya ditalangi oleh pihak toko di Cina. Dengan demikian, pihak toko akan mengirimkan barang sesuai dengan paketan yang diminta memakai uang toko dahulu. Kendalanya adalah metode pengirimannya di bea cukai penerima.

  1. Tertukarnya Barang

Barang tertukar sering kali terjadi karena nama dan alamat yang hampir sama muncul di sistem data komputer perusahaan logistik. Data di dalam sistem terkadang menjadi ganda karena faktor virus atau mengoperasikan kode aplikasi yang belum bagus.

  1. Kecelakaan

Di luar rencana kecelakaan akan membuat barang rusak, hilang dan dengan adanya kejadian ini pihak pengirim dan penerima setidaknya sadar bahwa kecelakaan yang terjadi murni dari kejadian tidak disengaja. Adapun aturan penggantian barang tetap diberlakukan oleh pihak Freight Forwarder.

Anda sudah tahu penjelasan tentang Air Freight China Indonesia seperti apa tugas dan kendala yang dihadapi maka untuk melalukan pengiriman sebaiknya dilakukan di waktu yang baik. Apabila terpaksa tertunda bukan kualitas perusahaan Freight Forwarder yang kurang bagus namun karena beberapa kendala di atas.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Ikuti artikel kami!

Antara Logistic Newsletter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Konsultasi gratis sekarang