4 Cara Beli Barang dari China yang Bisa Anda Coba

Bukan hanya jalan ke Roma saja yang punya 1.000 pilihan, karena beli barang dari China juga ada banyak caranya. Jadi, Anda yang selama ini ingin berbelanja dari situs marketplace atau e-commerce China jelas tak perlu bingung lagi.

Kalau begitu, bagaimana ya caranya Anda bisa beli barang dari China? Simak daftar dan ulasannya berikut ini, ya!

4 Cara Beli Barang dari China

1. Jalur pelabuhan.

Seperti yang ditunjukkan namanya, cara ini dilakukan di pelabuhan dan mirip seperti cara yang dilakukan importir seperti perusahaan-perusahaan besar. Di sini, Anda akan bertemu dengan pihak importir untuk melakukan kesepakatan, termasuk kuantitas dan harga produk hingga pengiriman. Nantinya, importir yang akan bertanggung jawab soal pengiriman dari pelabuhan di China sampai tiba di pelabuhan di Indonesia, pembongkaran, pengiriman menuju gudang, hingga pengiriman ke pelanggan. Hanya saja, cara ini memakan biaya tinggi karena dilakukan untuk pembelian skala besar. Belum lagi Anda juga harus ikut repot mengurus persyaratan impor sesuai prosedur dari bea cukai.

2. Jalur pribadi.

Dengan cara ini, pada dasarnya Anda membeli barang langsung dengan pergi ke China dan mengunjungi toko atau produsennya. Jadi, Anda bisa berangkat sebagai wisatawan. Kemudian, dari sana Anda bisa berbelanja sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan. Hanya saja, cara ini cukup merepotkan karena artinya Anda harus mengatur sendiri pengiriman barang ke Indonesia, apalagi mengingat ketentuan dari bea cukai soal barang belanja dari luar negeri yang dibawa masuk ke Indonesia. Tapi, untungnya Anda bisa bertatap muka langsung dengan penjual atau produsen di China dan meminta kontak mereka agar bisa Anda hubungi kembali begitu Anda tiba di Indonesia.

3. Jalur jastip.

Jastip alias jasa titip pada dasarnya mirip seperti jalur pribadi, hanya saja yang berangkat ke China bukan Anda, tapi pihak jastipnya. Jadi, pihak jastip akan membelikan langsung barang titipan Anda dan membawanya ke Indonesia (hand carry). Meski demikian, karena adanya ketentuan bea cukai, jumlah barang yang bisa dibawa masuk jelas terbatas dan Anda sudah tidak bisa lagi menghindari pajak impor meskipun lewat jastip sekalipun.

4. Jalur online.

Saat ini, bisa dibilang semua barang bisa Anda beli secara online, termasuk barang-barang yang ada di China. Sebab, ada banyak situs e-commerce dan marketplace China yang dapat Anda akses kapan dan di mana saja, termasuk dari Indonesia. Dan makin praktis lagi karena Anda bisa memanfaatkan jasa belanja atau jasa beli, termasuk jasa beli untuk marketplace China seperti jasa beli Alibaba, Aliexpress, Taobao, dan sebagainya. Dengan cara ini, Anda cukup menghubungi pihak jasa beli, mengirimkan link produk yang diinginkan, dan mentransfer dana sebesar harga barang plus biaya jasa yang sudah transparan dan jelas.

Dari keempat cara beli barang dari China di atas, mana yang jadi andalan Anda?

Artikel Lainnya

Konsultasi gratis sekarang